Pemanfaatan teknologi pada akhirnya akan mewujudkan terciptanya pendidikan yang memudahkan, menghemat biaya dan waktu. Dengan berbagai kelebihannya teknologi membawa pendidikan untuk semakin berkembang. Yakni dengan mewujudkan sekolah digital.

Adanya sekolah digital dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, dengan cara membantu identifikasi kebutuhan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar seperti menentukan waktu pertemuan tatap muka, serta periode siswa belajar mandiri. Dapat dikonversikan sesuatu yang menual ke digital, dengan kerjasama dari semua pihak, misal komunitas guru membuat materi pelajaran secara digital bisa berupa e-book dan soal-soal evaluasi yang kemudian diupload ke dalam jaringan sehingga bisa digunakan bersama-sama. Kemudian sekolah yang bersangkutan memfasilitasi Wi-Fi. Dengan demikian, ujian bisa menggunakan tablet, handpone hingga komputer jinjing bahkan hasil ujian bisa diketahui selepas mengirim jawaban dan pembuatan soal-soal ujian tidak perlu secara manual lagi.

Dalam rangka menunjang proses belajar mengajar dengan model hybrid elearning, SMK Negeri 1 Panyabungan mengupgrade kecepatan internet sekolah dari 5 Mbps menjadi 50 Mbps. Seluruh siswa dan guru mendapat akun yang berbeda untuk login ke WiFi hotspot sekolah secara gratis. Siswa login menggunakan NISN dan guru login menggunakan NIP/NUPTK. 90% area sekolah sudah terjangkau WiFi dengan target akhir seluruh area sekolah terkoneksi internet via WiFi hotspot.

Leave a comment