Koneksi internet seakan telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Banyak dari masyarakat yang mengandalkan Wi-Fi umum untuk mengakses internet. Sayangnya, banyak yang tidak sadar bahwa koneksi Wi-Fi gratis sangat rentan diretas hacker.

Seperti diungkapkan oleh Aditya Kurniawan, pakar keamanan siber Binus. Menurutnya mengakses Wi-Fi di tempat umum adalah suatu kesalahan yang fatal. Pasalnya, hal tersebut membuat data pribadi Anda rentan dibobol. “Jika suatu waktu ada hacker yang juga menggunakan Wi-Fi tersebut, maka ia dapat mengintip informasi pribadi Anda dengan cepat,” ujarnya di sela-sela acara ‘Ngopi Bareng Dosen Binus’ di Jakarta, Rabu (6/10/2016).

Selain itu, sang hacker juga dapat mengarahkan Anda untuk pergi ke situs palsu. Alhasil data pribadi Anda, seperti pin ATM dan alamat rumah, dapat dengan mudah dicuri oleh pihak asing. Alhasil, hacker tersebut dapat dengan mudah melakukan tindak kejahatan.

“Hacker dapat mengarahkan kita ke server palsu, nantinya password kita akan direkam oleh mereka. Saya sarankan masyarakat berhati-hati,” lanjutnya.

Untuk mencegah data Anda tidak diretas oleh pihak asing, Aditya menyarankan Agar pengguna tidak sembarangan menggunakan Wi-Fi. “Selain itu, selalu bersihkan riwayat internet kita dan jangan lupa, jangan biarkan komputer kita tidak terkunci,” pungkasnya.

Sumber : http://techno.okezone.com

Leave a comment